PPKM Level 1, Anak Dibawah 12 Tahun Diperbolehkan Masuk Area Publik

Diposting pada : Kamis,04 Nopember 2021

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 di Kota Bogor, Jawa Barat, ada beberapa kebijakan yang dikeluarkan untuk kelonggaran. Diantaranya, areal publik seperti taman kota diperbolehkan untuk anak usia dibawah 12 tahun dengan pendampingan orang tua. Selain itu, ganjil genap (gage) diberlakukan mulai pukul 12.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

“PPKM level 1 ini 75 persen kapasitas diperbolehkan diarea publik tetapi dengan Protokol Kesehatan (Prokes), itu yang disarankan lembaga terkait atau lembaga kementrian pariwisata. Selain itu di restoran dan tempat lainnya juga dengan kapasitas yang sama atau diperbolehkan 75 persen,” ungkap Kepala Bagian (Kabag) Hukum dan HAM Setda Kota Bogor Alma Wiranta, Kamis (4/11/21) siang.

Alma melanjutkan, kebijakan pusat juga dalam PPKM level 1, untuk anak di bawah 12 tahun sudah bisa masuk asal di dampingi oleh orang tua nya dan ganjil genap di mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB waktu setempat. Itu ada di dalam surat edaran Kemendagri.

“Ya, untuk titik-titik Gage nanti ada rapat lanjutan dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor, biasanya kan penetapan paling rawan hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Surat turunan itu kan dari Inmendgari no 57 ini di berlakukan sejak tanggal 2 November hingga 15 November 2021,” tuturnya.

Alma menjelaskan, untuk pelaksanaan teknisnya kalau ada kebijakan biasanya di Kota Bogor tuh ada kebijakan-kebijakan kearifan lokal. Nah itu biasanya nanti dibahas dalam pertemuan wali kota, wakil wali kota, Kapolresta Bogor Kota dan unsur-unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Tetapi untuk level 1 ini, untuk kapasitas lebih longgar tempat ibadah juga 75 persen tanpa ada jumlah orang pembatasan orang. Kalau kemarin itukan 50 persen tapi dengan jumlah maksimal 50 orang, kalau sekarang kan 75 persen dari kapasitas. Terus kaya seperti area olahraga, tempat makan tidak dibatasi waktu lagi,” jelasnya.

Alma juga menyebutkan, untuk karoke kebijakan aturannya secara spesifik di bawah kementerian pariwisata, tetapi nanti ada juga dalam Surat Keputusan (SK ) dari wali kota. Karena turunan dari SE ini bersifat umum nanti yang khusus nya di surat keputusan wali kota.

“Nah itu yang biasanya pengaturan di Kota Bogor seperti apa, ini yang kami tengah tunggu. Pastinya ada pengaturan yang menguatkan di Kota Bogor ini. Saya senang kita bisa mencapai PPKM level 1, meski begitu jangan abaikan Prokes. Tentunya Prokes dijalankan agar kita tidak turun level, sehingga ekonomi bisa semakin bergeliat,” pungkasnya.

-Media Pers Huk.HAM

Berita terkait dapat anda baca pada laman berikut :
https://m.mediabogor.co/ppkm-level-1-anak-dibawah-12-tahun-diperbolehkan-masuk-ke-area-publik